Ads

Saturday, November 17, 2012

Nurseta Satria Karangtirta Jilid 053

◄◄◄◄ Kembali


Seorang pemuda tampan melewati para perajurit yang berjaga di pintu gerbang Kota Raja Parang Siluman. Seandainya Nurseta belum tertawan, tentu para penjaga itu akan merasa curiga melihat pemuda tampan yang tidak dikenal sebagai penduduk Kota Raja Parang Siluman itu. Akan tetapi Nurseta sudah tertawan, maka para penjaga membiarkan pemuda tampan itu lewat tanpa curiga. Siapa yang mencurigai seorang pemuda yang tampan, bertubuh kecil dan tampak lemah itu?

Pemuda itu adalah Puspa Dewi yang menyamar. Dengan menyamar sebagal seorang pemuda tampan dan tampak masih remaja, la dapat memasuki Parang Siluman dengan mudahnya. Puspa Dewi bersikap seolah-olah ia seorang pemuda dusun yang baru pertama kali melihat Kota Raja Parang Siluman. Ia memperlihatkan sikap terkagum-kagum dan terheran-heran melihat bangunan kompleks istana yang besar, indah dan megah. Tampaknya ia seorang pemuda dusun yang melihat-lihat istana dan mengaguminya, padahal tentu saja ia mengelilingi perumahan istana itu untuk melakukan penyelidikan dan untuk melihat apakah ada jalan masuk yang baik baginya. Ia harus memasuki istana kalau ingin menemukan tempat disembunyikannya Joko Pekik putera Ki Patih Narotama. Ia pun tidak tahu di mana adanya Nurseta yang lebih dulu melakukan tugas menyelamatkan Joko Pekik. Apakah Nurseta sudah berhasil memasuki istana?

Entah sudah berapa kali ia mengelilingi istana sejak masuknya ke kota raja pagi tadi. Hari sudah siang dan Puspa Dewi masih belum menemukan jalan terbaik untuk memasuki kompleks istana. Tiba-tiba seorang laki-laki berpakaian seorang perwira menghampirinya. Perwira itu berusia empat puluh tahun lebih, wajahnya seperti tikus dan matanya tampak cerdik dan licik sekali. Tubuhnya juga kurus, namun dia berjalan dengan dada diangkat dan dibusungkan sehingga tampak lucu. Akan tetapi Puspa Dewi tidak memandang remeh dan ia sudah siap menghadapi segala kemungkinan. Dengan wajah tenang dan sinar mata penuh pertanyaan ia berhenti melangkah dan memandang perwira yang bergegas menghampirinya itu. Kebetulan siang itu panas sekali dan di tempat mereka bertemu ini agak sunyi, tidak banyak orang berlalu-lalang.

"Kisanak, aku sejak tadi memperhatikanmu dan melihat betapa Andika sudah tiga kali lewat di sini. Mengapa Andika berputar-putar mengelilingi istana?"

Diam-diam Puspa Dewi terkejut akan kejelian mata orang ini. Akan tetapi ia bersikap tenang dan menjawab dengan suara sungguh-sungguh..
"Baru satu kali ini saya melihat bangunan istana yang begini indahnya. Saya senang dan mengaguminya, tiada bosannya melihat sejak tadi. Apakah ini tidak boleh Kisanak?"

"Hush! Jangan aku sebut Kisanak. Namaku Raden Kaloka dan engkau harus menyebut aku Raden Kaloka, aku perwira terkenal dari pasukan pengawal istana. Tahu?"

"Maaf, Raden Kaloka."

"Nah, sekarang jawab, siapa namamu?" tanya perwira itu dengan nada bangga dan angkuh setelah dia disebut raden. "Dari mana asalmu?"

Puspa Dewi memang sudah siap dengan nama dan tempat asalnya untuk menjaga kalau kalau ada yang bertanya dan harus dijawab. Maka suaranya datar dan wajar ketika ia menjawab.

"Nama saya Sakri, saya tinggal di daerah Kadipaten Siluman Laut Kidul di pesisir. Ketika tempat saya diserbu dan diduduki pasukan Kahuripan, saya melarikan diri mengungsi dan hari ini tiba di sini untuk mencari pekerjaan."

"Hemm, bagus! Kebetulan sekali, Sakri. Ada pekerjaan yang amat baik untukmu, engkau akan hidup berbahagia sekali, berenang di lautan kenikmatan dan kemewahan, maukah engkau kuberi pekerjaan itu?"

"Wah, tentu saja mau, Raden! Pekerjaan apakah itu?"

"Pekerjaan itu mudah dan menyenangkan, sama sekali tidak berat atau kotor. Bahkan engkau akan selalu mengenakan pakaian yang indah dan bersih, tinggal di kamar yang indahnya belum pernah engkau bayangkan dalam mimpi sekalipun."

"Wah, Raden Kaloka, saya mau mendapatkan pekerjaan itu! Pekerjaan apakah itu?"

"Nanti dulu, berapa usiamu sekarang?"

"Sekitar.... delapan belas tahun."

"Engkau masih perjaka?"

Wajah "pemuda" itu menjadi kemerahan, akan tetapi Puspa Dewi mengangguk dan menjawab sambil tersenyum.
"Tentu saja saya masih perjaka, Raden."

"Bagus, itulah yang mereka inginkan. Perjaka tulen, tampan, sikapnya lembut, kulitnya halus bersih. Wah, engkau akan memenuhi selera mereka dan akan menjadi anak emas, Sakrl!" Perwira Itu tampak gembira sekali, menggosok-gosok kedua tangannya. "Akan tetapi, aku mau memberi pekerjaan itu asalkan engkau mau berjanji bahwa segala yang kau terima dari mereka, akan kauberikan kepaku separuhnya. Bagaimana, setuju?"

"Saya setuju, Raden. Akan tetapi siapakah mereka itu dan pekerjaan apa yang harus saya lakukan?"

"Engkau harus bersumpah dulu akan membagi penghasilanmu dengan aku, masing-masing separuh."

"Aku bersumpah!" kata Puspa Dewi dengan suara meyakinkah karena ia ingin sekali mengetahui pekerjaan apa yang ditawarkan perwira ini. Siapa tahu pekerjaan itu akan memungkinkan ia melaksanakan tugasnya membantu Nurseta untuk membebaskan Joko Pekik.

"Bagus, nah, sekarang dengarlah baik-baik. Engkau akan kuantar dan kuserahkan kepada dua orang puteri yang cantik seperti bidadari, yaitu bukan lain kedua orang puteri istana, Puteri Lasmini dan Puteri Mandari."

Puspa Dewi tak dapat menahan kegembiraan hatinya yang terpancar pada wajah dan sinar matanya.
"Ahhh...l Apa maksudmu, Raden? Kenapa saya akan diserahkan kepada mereka? Apa yang harus saya kerjakan di sana?"

"Ha-ha-hal Engkau benar-benar masih hijau! Seorang perjaka ting-ting (tulen)! Mereka akan senang sekali menerimamu! Engkau akan bekerja di istana, menjadi pelayan dua orang puteri itu, menjadi penghiburnya, menjadi kekasih mereka dan engkau taati saja semua perintahnya yang pasti akan menyenangkan hatimu, menikmatkan tubuhmu dan engkau akan berenang dalam kemewahan, bahkan kekuasaan karena sebagai kekasih dua orang puteri itu, tidak ada seorang pun berani mengganggumu. Bagaimana?"

Tentu saja Puspa Dewi girang bukan main. Ia akan dimasukkan istana! Tentu saja hal ini akan memudahkan tugasnya menyelidiki di mana adanya Joko Pekik! Akan tetapi bulu tengkuknya meremang ketika ia membayangkan bahwa dirinya harus melayani dua orang puteri itu. Pelayanan apalagi kalau bukan bercumbu-rayu kalau ia akan dijadikan kekasih mereka? Huh! Andaikata ia benar-benar seorang pemuda sekalipun, ia merasa ngeri dengan janji pekerjaan macam itu! Apalagi ia seorang wanita! Tentu penyamarannya akan ketahuan dan keselamatannya terancam berat!

"Wah, saya... saya takut, Raden! Bagaimana mungkin saya dapat diterima di dalam istana kedua orang Gusti Puteri itu? Andika sendiri pun mungkin akan mendapat marah besar dan menerima hukuman karena lancang membawa saya ke sana. Kita berdua akan dihukum berat. Saya takut, Raden Kaloka!"

"Ha-ha-ha, jangan takut, Sakri. Dua orang Gusti Puteri itu tidak akan marah kepadaku, malah mereka akan senang sekali. Kau tahu, akulah satu-satunya perwira pasukan pengawal istana yang mendapatkan kepercayaan dari mereka berdua. Hanya aku yang berhak membawakan pemuda-pemuda tampan yang menjadi penghibur mereka. Sudah sering aku membawa pemuda-pemuda tampan kepada mereka, akan tetapi rasanya belum pernah ada yang seperti engkau. Engkau pasti akan sangat menyenangkan hati mereka dan ini merupakan keuntungan kita berdua, Sakri."

Puspa Dewi melihat kesempatan baik sekali. Ia sengaja memperlihatkan keraguan, lalu berkata. "Tentu saja saya akan senang sekali mendapatkan pekerjaan itu, Raden Kaloka. Akan tetapi, agar aku dapat bekerja dengan baik dan dapat memuaskan hati kedua orang Gusti Puteri, maka saya perlu mempelajari tentang keadaan dan kebiasaan dalam istana, terutama tentang keadaan dua orang puteri itu. Kalau saya tidak tahu apa-apa, saya akan tampak bodoh sekali dan saya takut melakukan apa-apa."

"Tentu saja! Juga engkau harus berganti pakaian yang bersih dan indah agar tampak tampan dan menarik sekali. Mari kita pergi ke rumahku yang khusus kupergunakan untuk mempersiapkan para pemuda calon pelayan Gusti Puteri Lasmini dan Gusti Puteri Mandari."

Puspa Dewi mengikuti perwira itu dan ternyata rumah milik perwira itu adalah sebuah rumah- hanya ditunggu dan dijaga seorang pelayan laki-iaki tua dan di rumah itu tersedia pakaian pemuda yang banyak dan serba indah.

Puspa Dewi disuruh keramas dah mandi sampai bersih, lalu diberi pakaian baru yang indah. Setelah ia mempersiapkan diri, kini menjadi seorang pemuda yang benar-benar amat tampan menarik, Kaloka yang sebetulnya bukan raden dan bukan keturunan bangsawan itu, lalu memberi keterangan sejelasnya tentang kebiasaan dua orang puteri itu. Dengan cerdik Puspa Dewi memancing dalam pembicaraan itu sehingga Kaloka menceritakan segalanya. Bahkan dia menceritakan pula betapa Puteri Lasmini dan Puteri Mandari sedang kecewa, penasaran dan membutuhkan penghibur karena mereka berdua dikecewakan seorang pemuda yang ditawan akan tetapi pemuda itu menolak untuk menjadi kekasih mereka!

Biarpun jantungnya berdebar, namun Puspa Dewi bertanya secara sambil-lalu dan acuh tak acuh. "Hemm, Andika bilang bahwa dua orang puteri cantik seperti bidadari. Akan tetapi mengapa seorang pemuda tawanan menolak mereka."

"Hemm, engkau mana tahu? Tawanan itu bukan sembarang orang. Dia adalah Nurseta, jagoan muda dari Kahuripan yang terkenal itu!"

Puspa Dewi tidak mengejar lebih lanjut mengenai Nurseta yang menjadi tawanan agar tidak mendatangkan kecurigaan. Sebaliknya ia memancing agar perwira itu menceritakan lebih jelas keadaan dalam istana, ruangan-ruangannya, lorong-lorong dan taman-tamannya. Ia mencatat dan menggambar dalam hatinya keadaan di dalam istana itu. Bahkan tanpa curiga sedikit pun Kaloka menceritakan di mana adanya tempat tahanan istana dengan jelas.

Menjelang senja, setelah sinar matahari melembut karena Raja Siang itu sudah bersembunyi di balik bukit barat, Puspa Dewi mengikuti Kaloka pergi ke istana Parang Siluman. Kaloka memang tadi menanti sampai cuaca remang-remang karena biarpun dia merupakan orang kepercayaan kedua orang puteri untuk mencarikan pemuda-pemuda tampan sebagal penghibur, namun dia masih merasa sungkan kepada para petugas lain. Karena Itu, dia tidak ingin tampak mencolok kalau membawa pemuda tampan memasuki istana walaupun tentu saja tidak akan ada perajurit pengawal atau orang lain berani melarangnya.

Begitu memasuki perumahan istana yang luas itu, dia membawa "Sakri" memasuki taman bunga yang luas karena dia akan langsung menuju ke keputren yang letaknya di bagian belakang kompleks bangunan istana. Taman yang luas itu menyambung ke daerah keputren, dan malam itu kebetulan gelap dan sunyi karena angin malam bertiup kencang sehingga hawanya amat dingin. Ketika mereka tiba di tengah taman di mana tumbuh banyak pohon pisang emas, Puspa Dewi melihat keadaan disitu amat sunyi. Cepat ia menggerakkan tangan kirinya. Jari-jari tangan yang lentik itu menyambar tengkuk dan Kaloka mengeluh lalu terguling, tubuhnya terasa lumpuh!

"Diam!"

Puspa Dewi menghardik sambil berjongkok dan mencengkeram leher perwira itu.
"Hayo katakan di mana putera Ki Patih Narotama disembunyikan!"

Kaloka ketakutan. Baru dia menyadari bahwa "pemuda" ini adalah seorang sakti, agaknya utusan Ki Patih Narotama mencari puteranya yang ditawan di Parang Siluman.

"Aku.... aku... tidak tahu..."

"Jangan bohong!" Puspa Dewi memperkuat cekikannya.

"Hayo mengaku, di ruangan mana anak itu ditahan!"

"Tidak... sungguh mati.... tidak disimpan di istana... telah dibawa keluar... akan tetapi entah di mana... karena dirahasiakan...."

Puspa Dewi teringat akan cerita Kaloka tentang Nurseta. Sebaiknya menolong Nurseta lebih dulu lalu bersama-sama nanti mencari Joko Pekik, pikirnya. Ia lalu bangkit berdiri dan menggerakkan tangan ke arah dada Kaloka tanpa menyentuhnya. Akan tetapi perwira itu terkulai dan tewas seketika karena dia telah terkena pukulan jarak jauh yang amat ampuh. Puspa Dewi terpaksa membunuhnya karena kalau tidak dibunuh, Kaloka merupakan bahaya besar bagi dirinya, Nurseta, dan mungkin Joko Pekik. Kaloka dapat menggagalkan kesemuanya kalau sampai dapat sadar dan menceritakan tentang sepak terjangnya kepada para pimpinan Parang Siluman.

Setelah menewaskan Kaloka, Puspa Dewi cepat menyusupkan mayat perwira itu ke dalam semak yang tumbuh disitu, kemudian ia segera mencari tempat tahanan yang sudah ia ketahui dari keterangan Kaloka tadi. Ia melihat sebuah ruangan yang terang dan terdengar suara beberapa orang bercakap-cakap. Ia mengintai dan melihat para pimpinan Parang Siluman sedang mengadakan rapat pertemuan dalam ruangan itu. Tampak Ratu Durgamala, Lasmini, Mandari, Ki Nagakumala, dan beberapa orang senopati. Melihat ini, Puspa Dewi cepat menyelinap pergi. Kebetulan sekali, pikirnya. Para pimpinan yang sakti mandraguna berkumpul di ruangan itu sehingga ia dapat bergerak lebih bebas.

Tak lama kemudian, Puspa Dewi sudah berada di luar tempat tahanan. Ia melihat tiga orang menjaga di depan pintu besi di mana Nurseta tampak duduk bersila, dan di sekeliling rumah tahanan itu masih ada belasan orang perajurit yang melakukan penjagaan. Terlalu banyak penjaga, pikirnya. Kalau ia menggunakan kekerasan merobohkan mereka, sebelum mereka semua dapat ia robohkan, tentu ada yang berteriak dan ia akan gagal karena harus menghadapi semua tokoh sakti tadi, ditambah pasukan yang ribuan orang banyaknya!

Puspa Dewi segera melompat ke atas dan ternyata di atap tempat tahanan itu tidak terjaga orang. Ia membuka atap sehingga berlubang dan dari atas ia dapat melihat Nurseta yang bersila di atas lantai. Puspa Dewi lalu mengerahkan tenaga saktinya dan berbisik dari atas.

"Nurseta...., mengapa engkau tidak segera meloloskan diri? Ini aku... Puspa Dewi....!"

Bisikan ini tidak dapat terdengar oleh orang lain karena hanya merupakan bisikan lirih, namun digetarkan oleh tenaga sakti dan "dikirim" langsung ke arah Nurseta sehingga hanya pemuda ini yang dapat menangkapnya.

Mendengar ini, Nurseta maklum bahwa gadis perkasa itu telah datang hendak menolongnya dan berada di atas atap. Akan tetapi untuk menjawab dengan bisikan yang sama, dia tidak dapat karena begitu mengerahkan tenaga saktinya, racun dalam tubuhnya akan menyerangnya dan dapat menewaskannya. Dia maklum akan keheranan Puspa Dewi. Tentu saja gadis itu merasa heran mengapa dia diam saja dijadikan tawanan, tidak cepat membebaskan diri. Gadis itu tentu saja tidak tahu akan keadaan tubuhnya yang terancam maut oleh racun yang jahat sekali. Dia memperoleh akal lalu berkata-kata dengan suara bisikan, cukup lantang sehingga terdengar oleh Puspa Dewi yang berada di atas atap, juga oleh para penjaga yang berada di luar pintu kamar tahanan Itu.

"Hel, Kisanak yang menjaga di luari" dia memanggil.

Dua muka orang tampak di antara terali pintu kamar Itu.
"Andika mau apa?" tanya seorang di antara mereka.

"Tolonglah Andika pergi ke kamar Gusti Puteri Lasmini dan sampaikan permintaanku agar tongkat hitam milikku dikembalikan padaku. Tanpa adanya tongkat hitamku itu, aku akan mati di sini."

Dua orang penjaga itu tertawa.
"Ha-ha, Nurseta. Engkau sungguh manusia rewel dan tak tahu diri. Gusti Puteri sudah memerintahkan agar kami memperlakukanmu baik-baik, menghidangkan makanan yang enak-enak dan tidak menganggumu. Sekarang engkau malah minta yang bukan-bukan. Mana kami berani mengganggu Gusti Puteri dengan permintaanmu itu!"

Puspa Dewi terkejut dan merasa heran sekali mendengar ucapan Nurseta. Mengapa pemuda itu tidak menjawab pertanyaannya melalui suara yang didorong tenaga sakti? Ia memandang dan melihat Nurseta menggunakan kedua tangan menekan ke arah dada lalu mengembangkan kedua tangan dengan gerakan seorang yang tidak berdaya. Lalu jari telunjuknya membuat gerakan menggores ke atas lantai. Puspa Dewi memperhatikan. Ternyata Nurseta membuat gerakan menulis dan ia memperhatikan dengan seksama.

"Pusaka Tunggul Manik." demikian bunyi tulisan itu.

Seketika Puspa Dewi maklum. Dia mendengar akan tongkat pusaka hitam bernama Tunggul Manik itu. Itu adalah tongkat pusaka milik Ki Patih Narotama yang ampuh dan kabarnya dapat menolak segala macam racun. Nurseta membutuhkan tongkat itu yang berarti bahwa dia keracunan hebat. Pantas saja tidak mampu menjawab pertanyaannya dengan suara yang dikerahkan tenaga sakti. Dan tongkat itu berada di kamar Lasmini! Agaknya tongkat itu tadinya dibawa Nurseta, kemudian dirampas Lasmini. Gadis yang cerdik ini segera mengetahui maksud Nurseta. Ia harus mencari tongkat itu untuk menyembuhkan Nurseta yang keracunan sehingga tidak berdaya meloloskan diri! Cepat ia berkelebat dan pergi mencari kamar tidur Lasmini.

Untung Puspa Dewi sudah mendapatkan gambaran yang jelas dari Kaloka tentang kamar-kamar dan ruangan di istana itu sehingga tidak sukar baginya untuk dapat menemukan kamar tidur Puteri Lasmini. Sekitar kamar mewah itu sepi, tidak ada perajurit pengawal yang berjaga. Hal ini dapat dimaklumi karena Lasmini adalah seorang wanita yang sakti, maka tentu saja ia tidak membutuhkan pengawalan para perajurit. Selain itu, puteri yang suka menerima pemuda di dalam kamarnya, tidak ingin ada orang lain mendekati kamarnya dan mengganggu kesenangannya. Maka kamar itu pun sepi dari penjagaan sehingga memudahkan Puspa Dewi untuk memasukinya. Dengan girang ia dapat menemukan tongkat pusaka hitam itu dan cepat ia membawa tongkat itu kembali ke atas atap kamar tahanan Nurseta.

"Nurseta, Tunggul Manik sudah kudapatkan!" Ia berbisik melalui lubang di atap.

Nurseta bersikap tetap tenang walaupun hatinya merasa girang sekali. Ia lalu menulis lagi di atas lantai dengan goresan ujung jarinya, diperhatikan dan dibaca oleh Puspa Dewi dari atas.

"Kerik Tunggul Manik dan lemparkan bubuk kerikannya ke bawah." demikian bunyi tulisan yang dilakukan satu demi satu dan perlahan-lahan sehingga Puspa Dewi dapat mengikuti dan membacanya.

Setelah mengetahui maksudnya, Puspa Dewi segera mengambil patrem (keris kecil) Sang Cundrik Arum pemberian Erlangga dan menggunakan senjata pusaka kecil itu untuk mengerik tongkat kayu hitam itu. Untung ia memiliki Cundrik Arum, kalau tidak, akan sulit sekali untuk dapat mengerik tongkat pusaka yang amat kuat itu. Akan tetapi Sang Cundrik Arum juga merupakan pusaka ampuh, maka ia dapat mengerik tongkat hitam itu. Ia membungkus bubuk kerikan hitam itu dengan ujung sabuk yang dipotongnya, lalu ia melemparkan bungkusan itu ke bawah.

Lemparannya tepat mengenai pangkuan Nurseta yang segera mengambilnya. Dengan tenang Nurseta bangkit berdiri dan menghampiri bangku di sudut ruangan dekat pintu di mana para penjaga selalu menyediakan tempat air minum dan cawannya. Nurseta menuangkan bubuk hitam ke dalam cawan lalu diisi air minum dan diminumnya. Dua orang pengawal yang mendengar gerakannya, menjenguk dari balik terali akan tetapi melihat Nurseta hanya mengambil air minum, mereka duduk kembali sambil mengobrol melewatkan malam.

Nurseta kembali duduk bersila dan dia merasa betapa pengaruh obat bubuk tongkat sakti itu mulai bekerja. Ada hawa panas muncul dari dalam perutnya, menjalar ke seluruh tubuh dan tulang-tulangnya, pada buku-buku dan sambungan, mengeluarkan bunyi berkerotokan!

Puspa Dewi melihat dari atas dan ia maklum bahwa setelah minum bubuk kerikan tongkat Itu kini Nurseta sedang mengumpulkan hawa murni untuk membantu bekerjanya obat Itu. Ia menanti dengan sabar dan penuh harapan. Beberapa lama lewat dengan menegangkan. Tiba-tiba Puspa Dewi mendengar suara bisikan.

"Dewi, terima kasih. Sekarang aku siap meloloskan diri. Bantulah dari luar!"

"Baik, Nurseta!"

Puspa Dewi gembira sekali karena kini Nurseta bicara melalui pengerahan tenaga sakti, berarti kesehatan pemuda itu telah pulih! Ia lalu berkelebat turun dan memasuki lorong menuju kamar tahanan itu.. Begitu masuk, empat orang perajurit penjaga menyambutnya dengan bentakan dan ketika mereka melihat Puspa Dewi sebagai seorang pemuda yang tidak mereka kenal, mereka segera menyerang dengan golok mereka.

Akan tetapi begitu Puspa Dewi menggerakkan kaki tangannya, empat orang itu terpelanting roboh. Puspa Dewi berlari masuk dan tiga orang penjaga di luar pintu besi kamar tahanan itu pun sudah roboh terpukul oleh Nurseta yang menggunakan pukulan jarak jauh.

Melihat munculnya Puspa Dewi, Nurseta terbelalak. Penerangan di situ memang tidak cukup maka dia tidak mengenal pemuda yang berada di luar pintu tahanan itu.

"Siapakah Andika...?" Nurseta bertanya.

Puspa Dewi tertawa.
"Hi-hik, engkau juga tidak mengenalku?"

"Puspa Dewi...!"

"Husssh, mari kita buka pintu besi ini!" Mereka lalu menggabungkan tenaga sakti mereka. Nurseta menarik dan Puspa Dewi mendorong. Jebollah pintu itu dan terbuka ke sebelah dalam. Nurseta melompat keluar.

"Nih, pusakamu!" Puspa Dewi menyerahkan tongkat pusaka Tunggul Manik itu kepada Nurseta.

"Terima kasih, Dewi!"

"Nanti saja terima kasihnya. Masih banyak yang harus kita lakukan."

Pada saat itu, dari luar belasan orang perajurit berlari masuk menyerbu dua orang itu. Nurseta dan Puspa Dewi menerjang ke depan. Dengan mudah mereka merobohkan perajurit yang berani menghadang. Sebentar saja mereka sudah berlari keluar dari rumah tahanan.

"Mari kita keluar dulu dari tempat ini!" kata Nurseta.

"Akan tetapi, kita harus mencari Joko Pekik!"

"Tidak ada di sini! Mari kita pergi cepat!" kata Nurseta.

Sudah terdengar kentungan tanda bahaya ditabuh orang. Mereka berkelebat lewat taman dan sebentar saja mereka sudah keluar dari dinding yang mengelilingi kompleks istana. Begitu melompat turun keluar dinding istana, beberapa sosok bayangan berkelebat dan terdengar seruan berbisik.

"Cepat, Andika berdua ikuti kami!"

"Witarto...!" Seru Nurseta yang mengenal suara telik sandi Kahuripan itu.

Puspa Dewi yang tadinya sudah siap siaga hilang kecurigaannya dan bersama Nurseta ia berlari mengikuti bayangan tiga orang itu. Mereka menuju ke sebuah rumah bilik di daerah pinggiran kota raja, daerah yang sepi karena itu merupakan persawahan. Dalam rumah itu terdapat sepuluh orang laki-laki. Mereka adalah para telik sandi Kahuripan yang sudah lama menyusup dan bertugas di Parang Siluman, dipimpin oleh Witarto yang biarpun usianya baru dua puluh dua tahun, namun terkenal cerdik dan memiliki keahlian menyamar.

"Wah, beruntung sekali Andika dapat melepaskan diri, Denmas Nurseta. Kami semua sudah menjadi gelisah sekali mendengar bahwa Andika tertawan dan tidak tahu bagaimana harus menolong karena istana terkepung penjagaan yang amat ketat. Siapakah Kisanak ini?" Witarto menunjuk ke arah Puspa Dewi.

Nurseta tersenyum.
"Ia yang telah menolong dan membebaskanku. Andika sebagai ahli penyamaran benar-benar tidak mengenalnya, Witarto?"

"Nanti dulu...!" Witarto mengambi lampu dari atas meja dan mendekat Puspa Dewi sehingga dia dapat meliha jelas wajah gadis yang menyamar itu.

"Ah...! Hebat sekali! Bukankah Andika ini Den Roro Puspa Dewi?"

"Hemm, penglihatanmu tajam sekali! Nurseta, siapakah Kisanak ini?" tanya Puspa Dewi kagum.

"Dewi, dia adalah Witarto yang memimpin para telik sandi yang dikirim Gusti Patih Narotama menyusup ke sini."

"Akan tetapi aku tidak mengenal dia! Bagaimana dia dapat mengetahui bahwa aku..."

"Den Roro, Andika dan Denmas Nurseta adalah dua orang tokoh muda yang dikenal semua perajurit Kahuripan. Biarpun saya baru satu kali melihat Andika, tentu saja saya dapat mengenal Andika. Sekarang, marilah kita berangkat dan membebaskan Raden Joko Pekik Satyabudhi!"

"Witarto, Andika sudah tahu di mana anak itu disembunyikan?"

"Saya sudah mengetahui. Dia disembunyikan dalam sebuah guha yang terjaga ketat di luar kota raja. Tempat itu berbahaya sekali. Ketika menyelidiki ke sana, kami telah kehilangan dua orang rekan sehingga kini jumlah kami tinggal sepuluh orang."

"Hemm, menjadi selosin lagi ditambahi kami berdua." Kata Nurseta. "Mari kita berangkat, anak itu harus cepat-cepat dapat kita rampas dari tangan mereka."

Mereka semua lalu keluar dari rumah dan dalam kegelapan waktu lewat tengah malam itu mereka keluar dari kota raja melalui dinding yang tidak terjaga, yang sudah dikenal oleh Witarto yang sudah lama menjadi telik sandi di situ. Mereka dapat lolos tanpa diketahui para perajurit.

Matahari telah naik tinggi ketika mereka tiba di bukit di mana terdapat guha besar yang menjadi tempat disembunyikannya Joko Pekik Satyabudhi itu. Guha itu besar dan dari jauh tampak sebagai mulut raksasa yang ternganga, siap mencaplok siapa saja yang berani memasukinya. Di depan guha terdapat rumpun bambu yang lebat dan untuk menghampiri guha itu orang harus melalui lapangan rumput yang luas. Di luar lapangan rumput, agak jauh dari guha, tampak sebuah gardu dan di situ terdapat dua belas orang perajurit melakukan penjagaan. Melihat adanya selosin perajurit berjaga, Nurseta dan Puspa Dewi mulai timbul harapan besar dan semakin percaya akan keterangan Witarto bahwa gua itu dijadikan tempat disembunyikannya Joko Pekik Satyabudhi.

Setelah mengintai beberapa saat lamanya dari kejauhan dan mendapat kenyataan bahwa yang tampak berjaga hanya dua belas orang perajurit itu, sedangkan di seberang lapangan rumput depan guha hanya tampak bayangan beberapa orang saja, Nurseta lalu berbisik kepada Puspa Dewi dan sepuluh orang telik sandi.

"Aku dan Dewi akan menghadapi dua belas orang perajurit itu. Karena di guha itu tampaknya hanya ada tiga atau empat orang saja, maka Andika sekalian sepuluh orang harap langsung saja lari menyerbu ke guha, merobohkan beberapa orang itu dan cepat mencari Joko Pekik Satyabudhi. Setelah membereskan selosin perajurit itu, kami akan segera menyusul ke sana."

Siasat ini dianggap paling tepat. Nurseta dan Puspa Dewi akan menghadapi dua belas orang perajurit itu agar mereka tidak dapat menghalangi Witarto dan rekan-rekannya menyerbu ke guha sehingga mereka yang berada di dalam guha tidak mendapat kesempatan untuk melarikan atau menyembunyikan Joko Pekik.

Setelah semua paham akan rencana itu, Nurseta dan Puspa Dewi lalu melompat dan lari ke arah gardu. Dua belas orang perajurit Parang Siluman yang melakukan penjagaan adalah perajurit-perajurit pilihan. Mereka segera berloncatan dan menyambut dua orang itu dengan serangan pengeroyokan dengan menggunakan senjata golok mereka. Gerakan mereka gesit dan bertenaga. Namun, mereka berhadapan dengan Nurseta dan Puspa Dewi. Dalam beberapa gebrakan saja, walaupun hanya menggunakan tangan dan kaki tanpa senjata, empat orang perajurit telah terpelanting roboh.

Sementara itu, sepuluh orang telik sandi yang terdiri dari para perajurit dan perwira Kahuripan itu cepat berlari melintasi padang rumput menuju ke guha. Setelah empat orang perajurit penjaga roboh lagi, sisanya tinggal empat orang, lalu berlari melintasi lapangan rumput menuju ke guha pula, seolah melakukan pengejaran terhadap sepuluh orang telik sandi Kahuripan. Nurseta dan Puspa Dewi setelah merobohkan delapan orang pengeroyok dan melihat sisa para pengeroyok yang tinggal empat orang itu lari melintasi lapangan rumput, memandang ke arah guha.

Mereka terbelalak, terkejut bukan main melihat Witarto dan sembilan orang rekannya itu roboh bergelimpangan ? di depan guha, dan tampak empat orang pengejar itu dan empat orang laki-laki yang memang sudah berada di guha, kini menggunakan golok menyerang para telik sandi yang sudah tak berdaya!

Lanjut ke Jilid 054 ►►►►
◄◄◄◄ Kembali

No comments:

Post a Comment